Pages - Menu

Kamis, 13 Agustus 2015

Sambil Menyelam Minum Air di Pantai Bowele (Bolu-bolu, Wedi Awu dan Lenggoksono)


Pantai Bolu-bolu, talent : Abdillah Febrinianto S.Kom

Sambil menyelam minum air, ya itu memang benar jika kita berkunjung ke Pantai Bowele. Pantai Bowele adalah singkatan dari kumpulan pantai yang terletak berdekatan dalam satu wilayah. Pantai Bowele memiliki kepanjangan yaitu Pantai Bolu-bolu, Wedi Awu dan Lenggoksono, seperti yang saya tuliskan pada judul artikel ini.

Pantai Bowele terletak di Daerah Malang Selatan arah menuju ke Dampit. Nah, kebetulan nih kemarin saya dan teman-teman berangkat menggunakan sepeda motor. Kita berangkat rame-rame, kurang lebih totalnya ada 16 orang. Meskipun
banyak, tidak satupun dari kita yang tau jalan menuju pantai tersebut. haha lol. Ah namanya juga jaman udah modern bang, pake GPS lah. Yep, bener banget kita memanfaatkan teknologi GPS, mulai dari GPS yang Global Positioning System sampe GPS yang Gunakan penduduk Sekitar. Pokoknya, ikutin aja tuh petunjuk jalan yang warnanya ijo ke arah Dampit. Pantai tersebut berada di wilayah Dusun Lenggoksono, Desa Purwodadi, Tirtoyudo,Kabupaten Malang, Jawa Timur. Dari Kota Malang melewati Kecamatan Dampit dan menuju ke Kecamatan Tirtoyudo, lalu berbelok ke kanan di pertigaan Tangsi. Dari pertigaan ini masih sekitar 30 kilometer lagi buat bisa ketemu ama pantainya. (sumber : www.pantaibowele.com).

Pasti terbesit pikiran, wah masih jauh banget ya ternyata. Tenang aja, sepanjang perjanan menuju pantai, kita ga akan bosen kok. Karna emang pemandangan yang disuguhkan di sepanjang jalan indah banget, sesekali kita juga bisa ngeliat pucuknya Gunung Semeru kalo kita beruntung. Hehe

Pantai pertama yang kita kunjungi yaitu Pantai Lenggoksono, sebelum masuk ke dalam pantai kita dikenai biaya sebesar 5 ribu rupiah saja lalu buat parkirnya nanti kita bayar sendiri pas udah nyampe di lokasi. Karna ini udah deket, jadi ga perlu takut nyasar lagi :D.


Kita sampai di pantai Lenggoksono sekitar pukul 1 siang, setelah parkir dan melihat-lihat sejenak, kami pun melaksanakan solat duhur di sebuah balai di pantai tersebut. Nah, setelah solat barulah kita berjalan menuju bibir pantai Lenggoksono. Kebetulan banget pas hari itu pantai lagi sepi dan airnya lagi surut, jadi kita bisa bebas lari-larian sampe ke tengah laut dan dapet foto-foto keren juga.



Pantai Lenggoksono
Pantai Lenggoksono, talent by : Cahya Wahyu Pratama

Air laut lagi surut, talent : Kurnia, Nicco, Shabrina
                                   
Bayu Adi Bhaskara 

Nah tuh dia beberapa foto yang kita dapet pas lagi surut dan sepi. Lanjut deh, kita ke pantai Banyu Anjlok. Kenapa namanya banyu anjlok? nah, buat kalian yang orang jawa timur pasti udah pada tau artinya. Dalam bahasa Jawa Banyu berarti Air, sedangkan Anjlok berarti Jatuh. Hmm, air jatuh? iya air jatuh, jadi di pantai ini tuh ada air terjun yang langsung mengalir ke laut. Dan bonusnya lagi, di atas air terjun ini ada kubangan air yang bisa dibuat cebur-ceburan. Sedangkan pantai Lenggoksono sendiri memiliki kepanjangan lenggok-lenggok ke sono, yang artinya berkelok-kelok menuju ke sana, sebelum menuju pantai ini kita akan melewati jalur yang berkelok-kelok begitu kata bapak tukang parkir di pantai.

Buat bisa ke pantai Banyu Anjlok ini, ada 2 cara yang bisa dilakukan. Mau yang ekonomi atau yang eksekutif, tinggal liat-liat dari kitanya aja lebih nyaman yang mana, hehe. Dari Lenggoksono kita bisa naik kapal dengan harga 50 ribu per orang atau kalau mau merasakan sensasi berpetualang kita bisa jalan kaki sampai pantai. Jika memilih naik kapal kita bisa nyampe lebih cepat, perjalanan ditempuh kurang lebih 10-15 menit aja. Enaknya lagi kalo naik kapal kita bisa mampir untuk snorkling di pantai Bolu-bolu dan kemudian melanjutkan ke pantai Banyu Anjlok. Tarif 50 ribu itu sudah include untuk kapal berangkat, keliling pantai (Bolu-bolu dan Banyu Anjlok), dan kembali lagi ke pantai Lenggoksono. Untuk snorklingnya dikenai tarif 35 ribu per orang nya, itu udah dapet pelampung ama kacamata snorkling (apaan deh namanya saya ga tau, hehe). Kebetulan saya sudah merasakan keduanya, naik kapal dan jalan kaki. Nih saya kasih dokumentasinya aja yah biar bisa tau masing sensasinya :D

Berikut dokumentasi perjalanan menuju Pantai Banyu Anjlok dengan berjalan kaki, kita tinggal jalan lurus aja ke arah kanan dari pantai Lenggoksono. 

Kubangan air di Banyu Anjlok
Photo by : Ilyas
Photo by : Ilyas
Photo by : Ilyas
Kalau kita jalan kaki, kita bisa nemu danau dan sungai yang langsung mengalir ke arah laut. Kita juga bakal nglewatin hutan kecil, terus kita juga bisa lihat pemandangan pantai dari datarang yang lebih tinggi. 
Danau di sekitar pantai Lenggoksono, photo by : Ilyas
Menyebrang aliran sungai, photo by : Ilyas
Track menuju pantai Banyu Anjlok
Pemandangan pantai Lenggoksono, Talent : @faisalakmal photo by : Ilyas
Kalau jkita jalan kaki, kita nyampe di atasnya air  terjun Banyu Anjloj, dan harus nyebrang sungai pake kayu kecil. Sayangnya, saya ga  ada dokumentasi ketika melewati sungainya :"
Air terjun Banyu Anjlok, photo by : Ilyas
Itu adalah sebagian keseruan kita berjalan kaki ke pantai Banyu Anjlok, nah sekarang saya akan tunjukan keseruan ketika naik kapal menuju pantai Bolu-bolu dan Banyu Anjlok.
Photo by : Johan
Pantai Bolu-bolu, photo by : Shabrina
Pantai Bolu-bolu
Sayangnya saya dan teman-teman tidak mencicipi snorkling di Bolu-bolunya, hiks :". Oke lanjut deh berikut ini beberapa dokumentasi kami saat berada di pantai-pantai tersebut. 
Banyu Anjlok, photo by : Johan
Banyu Anjlok, photo by : Shabrina
Banyu Anjlok, photo by : Ilyas
Banyu Anjlok, photo by : Ilyas

Banyu Anjlok, photo by : Ilyas
Lenggoksono, photo by : Ilyas

Lenggoksono
Nyebrang sungai pantai Lenggoksono
Pantai Lenggoksono


Cukup dulu cerita saya main-main di Pantai Bowele. Terima kasih sudah membaca, semoga bermanfaat :))

5 komentar:

  1. Waah sudah lama ndak main ke blog ini... :D

    Aku belum pernah ke sini, kapan-kapan aja kali ya? Itu Lenggoksono kayaknya woles gitu lautnya kalau surut :3

    Bolu-Bolune apik.... aluss...

    BalasHapus
    Balasan
    1. waaaah, suhu terimakasih sudah berkunjung :3 bolehlah gamananta explore bolu bolu :D

      Hapus
  2. Wow.., ternyata di malang banyak wisata yang kece, keren...keren.., lihat juga disini wisata tersembunyi dengan sejuta keindahan di pulau jawa

    BalasHapus
  3. Gan boleh info. Nyampe jam siang gitu. Perahu masih ada yg bersangkutan utk hoping ya?? Dan kenapa ngga sempit snorkeling disana?. Tks gan

    BalasHapus
  4. Gan boleh info. Nyampe jam siang gitu. Perahu masih ada yg bersangkutan utk hoping ya?? Dan kenapa ngga sempit snorkeling disana?. Tks gan

    BalasHapus